SERAM BAGIAN BARAT, arikamedia.id – Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Seram Bagian Barat (SBB) mendesak Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Capil) untuk segera mengoptimalkan efektivitas waktu pelayanan publik di kantor tersebut.
Menurut Ketua Bidang Organisasi IMM SBB, Samsul Hitimala, pelayanan yang terlalu singkat ini dikeluhkan masyarakat dan sangat berdampak pada kepuasan publik.
Dia menilai perlunya peningkatan manajemen waktu dan sistem pelayanan yang efektif agar warga bisa mendapatkan pelayanan dengan lebih cepat dan efisien.
Kenyataannya, pada hari Jumat tanggal 12 September 2025 ketika salah satu warga SBB yang berpengurusan di kantor Capil untuk perekaman KTP, tetapi waktu pelayanannya dibatasi hanya sampai pukul, 14.00 WIT.
“Ini yang kemudian kami tegaskan sehingga pelayanan harus di optimalkan untuk tidak menghambat kepengurusan masyarakat. Kami berharap Kepala Dinas Capil dapat segera melakukan evaluasi dan perbaikan sistem pelayanan agar tidak ada lagi masyarakat yang merasa dirugikan akibat waktu pelayanan yang terlalu singkat , ujar Samsul.
PC IMM SBB juga akan melakukan pengawasan dan memberikan masukan demi peningkatan kualitas pelayanan publik di Dinas Capil SBB yang mengedepankan kepentingan masyarakat.