• Membantu mempromosikan destinasi melalui platform digital.
• Menampilkan keindahan Indonesia kepada audiens global.
Pemerintah memiliki peran penting dalam mendukung dan memfasilitasi pelaku Industri pariwisata agar dapat berkontribusi maksimal dalam mendatangkan wisatawan mancanegara.
Pasal 23, UU No; 10 tahun 2009 menyatakan bahwa; pemerintah mempunyai kewajiban untuk menciptakan iklim kondusif bagi pengembangan kepariwisataan, yang antara lain :
1. Dukungan regulasi dan insentif ;
- Penyederhanaan perizinan usaha pariwisata.
- Pemberian insentif pajak bagi usaha pariwisata yang berkontribusi besar mendatangkan turis mancanegara.
2. Pengembangan Infrastruktur Pariwisata ;
- Meningkatkan aksesibilitas ke destinasi wisata, terutama di daerah timur Indonesia seperti di Maluku, Maluku Utara, Sulawesi dan Papua.
- Menyediakan fasilitas umum yang memadai di kawasan wisata.
3. Promosi bersama dengan Pelaku Usaha Pariwisata ;
- Mengikutsertakan pelaku usaha pariwisata dalam pameran pariwisata nasional dan internasional.
- Menjalin kerja sama dengan platform digital dan maskapai penerbangan untuk kampanye wisata.
4. Pelatihan dan Sertifikasi SDM Pariwisata.
Dengan demikian peran pemerintah sangat penting dalam pembangunan dan pengembangan pariwisata Indonesia.
Apa strategi Promosi Pariwisata untuk mendatangkan wisatawan mancanegara?
Jika promosi pariwisata dilakukan secara strategis dan konsisten, beberapa manfaat utama yang bisa didapat antara lain :
1. Meningkatkan Jumlah Wisatawan. Promosi yang efektif dapat meningkatkan jumlah wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Dengan meningkatnya jumlah kunjungan, pendapatan dari sektor pariwisata akan meningkat dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.














