NasionalOpiniUtama

Industri Game, Solusi Kreatif Atasi Pengangguran Gen Z Indonesia

29
×

Industri Game, Solusi Kreatif Atasi Pengangguran Gen Z Indonesia

Sebarkan artikel ini
Main Game ilustrasi

AI, pengeluaran konsumen untuk game mobile di Indonesia mencapai angka 0,41 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 6,3 triliun sepanjang tahun 2023, meningkat sebesar 0,04 miliar dolar AS dari tahun sebelumnya.

Industri game juga menawarkan peluang kewirausahaan yang luas bagi Generasi Z yang memiliki ide kreatif dan semangat untuk membangun bisnis sendiri.

Selain mengembangkan game indie, Gen Z dapat terjun ke berbagai sektor industri pendukung dalam ekosistem game, seperti studio animasi, desain karakter, musik dan sound design, serta penyedia layanan pemasaran digital.

Sebagai contoh, studio animasi dapat bekerja sama dengan pengembang game untuk menciptakan karakter yang menarik dan dunia yang imersif, sementara desainer karakter dapat menyediakan jasa pembuatan avatar atau skin khusus yang dapat dijual sebagai konten tambahan dalam game.

Baca Juga  Bawaslu Maluku Terus Pantau Kampanye Harus Sesuai PKPU Nomor 13

Selain itu, musik dan sound design yang berkualitas tinggi sangat penting untuk meningkatkan pengalaman bermain, membuka peluang bagi komposer muda dan sound designer untuk berkontribusi dalam industri ini.

Platform seperti YouTube dan Twitch memungkinkan siapa saja untuk menjadi kreator konten dan menghasilkan pendapatan melalui iklan, donasi, dan sponsor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *