BeritaDaerahSOSIALUtama

ICIR Ke-6 Digelar di Ambon, Mengusung Tema “Performing Democracy”

9
×

ICIR Ke-6 Digelar di Ambon, Mengusung Tema “Performing Democracy”

Sebarkan artikel ini
Intersectoral Collaboration for Indigenous Religion Rumah Bersama akan melaksanakan International Conference and Consolidation on Indigenous Religions (ICIR) ke-6 dengan tema “Performing Democracy”, di Kampus IAKN Ambon, 22 - 25 Oktober 2024. (Ist)

AMBON, arikamedia.id – Agama, etnis, dan identitas minoritas lainnya seperti gender dan seksualitas masih sangat rentan dipolitisasi dalam perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 serentak, yang kini memasuki masa kampanye.

Banyak baliho, spanduk, dan alat peraga pilkada lainnya yang menggunakan isu atau simbol-simbol primordial sebagai cara mengerek popularitas para calon kepala daerah. Tak sedikit pula dari mereka yang tidak ragu mendiskreditkan identitas-identitas kelompok rentan tertentu untuk mendulang suara. 

Menyikapi situasi Pilkada dan demokrasi pasca-Pilpres 2024, Intersectoral Collaboration for Indigenous Religion Rumah Bersama akan melaksanakan International Conference and Consolidation on Indigenous Religions (ICIR) ke-6 dengan tema “Performing Democracy”, demikian rilis yang diterima arikmedia, Senin (21/10/2024).  

Baca Juga  Dari Debat Kandidat Walikota dan Wakil Walikota Ambon, Semua Mampu Menterjemahkan Pertanyaan Dengan Baik

Dengan tema tersebut, ICIR 6 yang akan digelar di Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon, Maluku, pada 23-24 Oktober 2024, ini mengajak siapa pun untuk melampaui proses termasuk hasil pemilu, pilpres maupun pilkada, tahun 2024.  

“ICIR 6 memproyeksikan bangunan pengetahuan dan kebijaksanaan berbasis warga untuk pelibatan warga, terutama bagi kelompok rentan, yang efektif dalam rangka pemajuan dan resiliensi demokrasi,” ujar Ketua Program Studi Agama dan Lintas Budaya atau Center for Religious and Cross-cultural Studies (CRCS) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Dr. Samsul Maarif, selaku Steering Committee ICIR 6.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *