AMBON, arikamedia.id – Layanan keimigrasian unit pelaksana teknis kantor imigrasi, unit layanan paspor, unit kerja keimigrasian serta tempat pemeriksaan imigrasi pada bandar udara dan pelabuhan sementara ini mengalami kendala.
Hal ini disebabkan imbasnya gangguan kesisteman pada pusat data nasional (PDN) Kementerian Kominfo, Kamis (20/06/2024).
“Kami sedang mengupayakan pemulihan aplikasi dan data dengan memanfaatkan data backup PDN di Batam dan kami upayakan agar layanan bisa pulih sesegera mungkin,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi, Silmy Karim.
Bagi masyarakat yang berada di bandar udara internasional yang akan melakukan penerbangan tetap akan dilayani oleh petugas imigrasi.
Dirjen Imigrasi mengatakan, meskipun sistem sedang terkendala, Imigrasi tetap memberikan pelayanan seoptimal mungkin agar penumpang tetap berangkat sesuai jadwal pesawat begitupun pada saat kedatangan.
Karena itu penumpang pesawat dianjurkan agar datang lebih awal ke bandara, guna mengantisipasi proses pemeriksaan yang belum dapat berjalan sebagaimana mestinya.
Dikatakan, kepada masyarakat yang telah terjadwal silahkan datang ke kantor imigrasi untuk wawancara dan pengambilan data biometrik paspor pun tetap dilayani seperti biasa.