AMBON, arikamedia.id – Pj. Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya menyampaikan kepada Tim Asesor evaluasi Smart City tahap kedua secara daring, bahwa Pemkot tetap berkomitmen dan konsisten dalam penyelenggaraan Smart City melalui upaya meningkatkan digitalisasi di sektor strategis.
Diakuinya, ada banyak upaya yang telah dilakukan bersama dalam 6 dimensi Ambon Smart City, yakni Dimensi Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, dan Smart Environment.
Misalnya menurut Pj Wali Kota, dalam kaitan dengan smart Governance, mencakup upaya Pembangunan Plaza pelayanan Publik dan pemanfaatan teknologi digital untuk mengintegrasikan semua perizinan.
“Kemudahan penyajian laporan pajak dan retribusi daerah secara real time, dan digitalisasi layanan pada desa/negeri melalui pembuatan website dan data Informasi,” kata Kaya, Selasa (12/11/2024) lalu di ruang Rapat Vlissingen, Balai Kota.
Kata pj Wali Kota, pada dimensi Smart Branding, dalam upaya membangun branding Ambon City Of Music maka Pemkot mendorong Konsep Sound Of Green (Hutan Musik), yang diharapkan akan berdampak pada aspek ekonomis, mitigasi bencana, dan aspek keberlanjutan lingkungan.
“Sejalan dengan itu untuk Dimensi Smart Economy dalam mendukung UMKM, strategi yang dilakukan yaitu melalui pemberian Nomor Izin Berusaha (NIB) dan kemudahan peminjaman dana di Bank,” ungkapnya.