Salah satu pilar utama transformasi ini adalah pengembangan big data lake, sebuah repositori data pusat yang dirancang sebagai sumber data tunggal untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih tepat dan efisien. Indosat mengadopsi teknologi canggih untuk mengoptimalkan operasional, secara nyata mengurangi alarm kualitas layanan, serta mempercepat identifikasi dan penyelesaian. Terobosan teknologi ini telah mendefinisikan ulang efisiensi operasional dan menetapkan standar baru dalam keandalan layanan yang unggul.
Transformasi perusahaan yang berakar kuat pada kepuasan pelanggan ini, dicapai melalui pendekatan holistik dalam mengintegrasikan perbaikan di berbagai titik interaksi yang tidak hanya berfokus pada peningkatan pengalaman pelanggan, tetapi juga mencakup karyawan, mitra, dan citra dari brand secara keseluruhan. Dengan mengadopsi teknologi berbasis AI untuk menganalisis Quality of Experience (QoE) dan Customer Satisfaction (CSAT), Indosat mampu mengambil langkah proaktif untuk melindungi dan kepuasan pelanggan yang menjadi standar baru dalam kualitas layanan di berbagai sektor industri.
Keunggulan operasional menjadi pilar yang tidak kalah penting dalam transformasi Indosat. Sinergi dari Network Operations Center (NOC) dan Service Operations Center (SOC) menandai langkah strategis dalam optimalisasi dan otomatisasi proses operasional. Dengan memanfaatkan teknologi AI dan analitik data, Indosat memastikan efisiensi operasional sekaligus mendukung misinya dalam memberikan layanan inovatif yang seamless dan berkelanjutan bagi pelanggan.