AMBON, arikamedia.id – Direktur Akselerasi Infrastruktur Digital Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkomdigi), Mulyadi, bersama tim melakukan kunjungan kerja ke Balai Kota Ambon, sehari setelah peluncuran resmi layanan panggilan darurat Call Center 112 oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Selasa (09/09/25).
Direktur dan Tim diterima langsung oleh Wali Kota, Bodewin M.Wattimena didampingi Kepala Dinas Kominfo dan Persandian, Ronald Lekransy, di ruangan kerja Wali Kota.
Dalam keterangannya, Mulyadi menegaskan bahwa tujuan kedatangannya adalah untuk menyaksikan peluncuran layanan darurat 112 di kota Ambon.
“Kemarin kami dari Komdigi datang ke Ambon untuk menyaksikan peluncuran call center 112 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Ambon. Ini adalah peluncuran ke-172 dari 514 kabupaten/kota di Indonesia,” ungkap Mulyadi.
Ia menambahkan, Call Center 112 merupakan program nasional yang dirancang sebagai layanan darurat terpadu untuk memudahkan masyarakat dalam kondisi mendesak.
Sebelumnya, warga harus menghubungi berbagai nomor darurat berbeda sesuai kebutuhan. Kini, cukup dengan satu nomor tunggal, masyarakat dapat terhubung secara gratis, bahkan ketika ponsel dalam keadaan terkunci.
Pada kesempatan yang sama dirinya juga menyampaikan apresiasi kepada Pemkot Ambon yang bergerak cepat mengoperasikan layanan darurat tersebut. Ia menilai keberhasilan peluncuran ini tidak terlepas dari dukungan penuh Wali Kota Ambon beserta jajaran, khususnya Dinas Kominfo dan Persandian yang dinilai kooperatif dan proaktif.