Berbicara beberapa jam sebelum Trump menyerukan tarif 25%, Kotagiri mengatakan tidak ada “cara mudah untuk menyerap ini,” dan mengatakan sebagian besar biaya akan dibebankan kepada konsumen. Menurut para analis, pungutan Trump diperkirakan akan menambah biaya ribuan dolar per kendaraan dan miliaran dolar bagi produsen mobil dan pemasok.
‘FLEKSIBILITAS ADALAH KUNCI’
Magna telah berhasil mengatasi aksi mogok serikat pekerja, kekurangan semikonduktor, dan permintaan kendaraan listrik yang lebih rendah dari perkiraan. Dalam menghadapi tarif, Kotagiri mengatakan Magna berusaha sefleksibel mungkin, termasuk di fasilitas struktur kendaraan listriknya di St. Clair, Michigan, tempat ia memproduksi penutup baterai untuk kendaraan seperti Hummer dan Silverado EV milik GM. Jika diperlukan, pemasok dapat memprogram ulang lengan robot yang berayun itu untuk merakit rangka atau dudukan mesin, kata Kotagiri.
Melansir Reuters, “Dunia telah berubah,” kata Kotagiri. “Fleksibilitas adalah kuncinya. Kita perlu memiliki jejak, kapasitas, dan keahlian untuk membantu.”
Namun keberhasilannya mungkin juga bergantung pada pemasok yang lebih kecil, yang mungkin lebih tertekan.
“Jika Anda berbicara dengan pemasok kecil dan menengah yang mendukung, seperti Magna, maksud saya, bicarakan tentang kepanikan,” kata Laurie Harbour, yang timnya berfokus pada pemasok otomotif di firma penasihat Wipfli. “Biaya mereka telah meningkat begitu banyak dan pendapatannya masih sangat rendah,” katanya, seraya menambahkan bahwa hal itu “memberikan tekanan pada kelangsungan hidup mereka sebagai sebuah bisnis.”