BeritaDaerahInternasionalPARIWISATASeni & BudayaUtama

Ambon Kota Musik di tengah Minimnya Promosi Pariwisata

33
×

Ambon Kota Musik di tengah Minimnya Promosi Pariwisata

Sebarkan artikel ini
Group Musik Jukulele pimpinan Stevy Sahetapy menyambut kedatangan turis asing yang turun dari Kapal Pesiar Pacific Explorer berbendera Inggris pekan ini di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.
Musik Jukulele dibawah koordinator Stevy Sahetapy menyuguhkan lagu-lagu menari yang membuat wisatawan mancanegara dari Kapal Pacific Explorer sangat suka dan ikut bergoyang.

Bidang Pemasaran Mancanegara Kemenparekraf selalu menyebutkan, sebuah acara itu adalah wahana yang sangat efektif untuk memperkenalkan destinasi. Musik, festival, karnaval, apa pun itu bisa lihat dari dua dampak, langsung dan tidak langsung. Untuk mendatangkan wisatawan, dampak tidak langsungnya jauh lebih besar.

Dampak langsungnya terasa terhadap turis yang memang telah berada di Indonesia dan memang sengaja mengunjungi Indonesia khusus untuk sebuah festival musik. Dampak tidak langsungnya, mereka yang belum berkunjung ke Indonesia akan mendengar tentang acara itu dan berkunjung saat ia kembali digelar.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno dalam satu kesempatan mengatakan, ia berharap ke depan semakin banyak  kolaborasi antara pemerintah dengan swasta untuk melaksanakan berbagai kegiatan guna menggerakkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca Juga  Hampiri Desa Ewiri Kecamatan Leksula Bursel,  Warga Sambut Hangat Safitri-Hemfri

Secara ekonomi, ada banyak pihak yang terlibat dalam acara mulai dari pelaku ekonomi kreatif, kuliner, fashion, dan lain sebagainya. Apalagi, kata Sandi, berdasarkan data kunjungan wisatawan, tercatat 10 – 14 persen dari total wisatawan nasional berada di segmen musik.  

Sementara dari aspek promosi dan strategi komunikasi, dukungan pemerintah terhadap aktivitas musik juga sesuai dengan konsep musik sebagai bagian dari kampanye public relations (PR). Menulis riset dari riset Lia Nurlita bertajuk Pengaruh Event Music in The Park Terhadap Pembentukan Brand Image pada Pengunjung Bintaro Jaya Xchange Mall (2019). Acara musik berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan reputasi atau brand image sebuah objek atau lokasi wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *