JAKARTA, arikamedia.id – Personal branding merupakan sebuah proses pembentukan persepsi masyarakat terhadap diri seseorang yang dipandang sebagai merek atau brand oleh target market.
Dengan kata lain, proses membentuk persepsi masyarakat akan diri seseorang yang meliputi kepribadiannya, kemampuan, dan aspek lainnya yang menciptakan persepsi positif di benak masyarakat serta dapat digunakan sebagai alat pemasaran.
Personal branding perlu dimiliki oleh individu untuk dapat bersaing di dunia kerja, menggapai pekerjaan, dan pengembangan profesi kerja. Dengan Personal branding yang kuat dapat mendorong individu dalam mengembangkan kemampuannya dan meningktakan self awareness, self-esteem, self-wroth, dan nilai positif lainnya. Sehingga dapat menjadi nilai pembeda atau keunikan seorang individu dari orang lain.
Dilansir dari Digital Marketing Institute dan Forbes, berikut tujuh tips jitu untuk membangun personal branding di media sosial.
1. Menjadi diri sendiri
Membangun personal branding bukan sebuah langkah yang mudah. Meskipun Anda ingin membangun citra profesional, penting untuk menunjukkan kepribadian Anda melalui unggahan media sosial. Tulislah dengan gaya bicara yang biasa Anda gunakan. Jadilah autentik. Jujur.